Monday, 28 December 2015

Home Sweet Home - Part 1

Resolusi sesudah menikah pasti ingin segera menempati rumah sendiri. Terkadang resolusi dan realisasi tidak berbanding lurus, target saya dan keluarga kecil kami adalah merayakan tahun baru 2016 di rumah baru kami. Tetapi dikarenakan kondisi merenovasi rumah memang bukan hal yang mudah, banyak yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, terutama dana. 

Hal yang harus dipersiapkan secara matang dalam renovasi rumah :
  • Tentukan dahulu area renovasinya.
  • Buat rencana anggaran biaya
  • Mencari dana renovasi

Persiapkan dana tidak hanya rencana anggaran biaya harus ada dana cadangan juga. Biaya terbesar adalah biaya material bangunan. Jangan lupa lakukan window shopping terlebih dahulu yaa ke beberapa toko bangunan untuk mengetahui batas kewajaran biaya yang diajukan. Kemudian fokus ya jika dana renovasi belum mencapai target yang di rencanakan, fokus pada fase renovasi yang jadi prioritas pertama, waktu itu prioritas pertama kami adalah merenovasi ruangan dapur karena dapurnya terbuka diluar maka saya ingin dijadikan tertutup. Hal yang paling penting adalah Komitmen dan disiplin agar anggaran tidak kebablasan.

Saya dan suami begitu excited. Perlahan-lahan kami merenovasi rumah kami secara bertahap, atap bocor, cat, renovasi dapur, dll. Dapur kami yang sempat terbuka (outdoor), kami rancang menjadi dapur tertutup dengan dana yang sudah disesuaikan dengan budget yang direncanakan. 

Saya dan suami sama-sama optimis agar bisa menempati segera rumah kami ini dengan dana yang sudah kami persiapkan dan dapat pindah pas tahun baru. Saya pun excited sekali mencari barang-barang untuk kebutuhan rumah, cicil sedikit demi sedikit dari hasil kami, sofa, tv stand, mesin cuci, kulkas, tv, coffee table, cover mesin cuci, alat-alat cuci, bantal dan masih banyak lagi. Dan karena saya jarang keluar rumah, saya membeli barang kebanyakan online. Insya Allah nanti saya akan share informasi  store online furniture dan dekor rumah yang terpercaya dan barangnya menarik, hasil huntingan kami. 

Kami pun mengalami hal dimana diluar rencana kami bahwa ada renovasi  kecil kedua yang harus dilakukan yaitu sewaktu di rumah kami menunggu kedatangan sofa, sedang hujan badai, air hujan yang terbawa angin masuk ke dalam dari sela pintu dan ventilasi hingga ruang keluarga. Sehingga PR buat kami untuk merenovasi rumah lagi agar tidak terjadi iris (air hujan badai) masuk kedalam biarpun bukan renovasi yang besar. Kami konsultasi ke kakak ipar kami yang kebetulan adalah seorang arsitek.

Hikmahnya adalah kita hanya merencanakan, Allah yang menentukan kepada hambaNya kapan waktu yang baik dan layak untuk hambaNya. Diperlihatkan secara perlahan-lahan mana yang harus direnovasi, agar kami betah dan nyaman tinggal disana. Allah Maha Baik dan Maha Besar. Kita hanya berusaha dan sabar. Biarpun sebenarnya saya sudah tidak sabar untuk berkreasi dan membangun rumah impian kami, bismillah doakan kami ya lancar dan segera pindah ke rumah kami :)

Cheers,


Salli




2 comments:

  1. Amiiiiin..
    Semoga segera bisa menempati rumah impian ya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh Mbak Vinaku..
      Makasih mbak doanya XOXO

      Delete